Profesi Honorer Inilah yang Jadi Prioritas untuk Seleksi CPNS dan P3K Hingga 2023


Kabar  hari ini adalah Honorer yang Memenuhi Persyaratan dan Profesi Honorer yang Jadi Prioritas untuk Seleksi CPNS dan P3K Hingga Tahun 2023. Sebelumnya ditegaskan oleh Setiawan Wangsaatmaja (Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB) untuk semua instansi pemerintah sudah tak bisa lagi membuka rekrutmen untuk pegawai honorer (PH). Dan Ini sudah sesuai dengan pedoman yang ditetapkan pemerintah yaitu berdasarkan PP. 49 Tahun 2018.

Menutip situs cnbcindonesia.comm Sabtu 01 February 2020 11:41 dikatakan Setiawan Wangsaatmaja, pemerintah saat ini akan fokus memperjelas status dari PH yang sudah ada. Dimana, akan diberikan waktu selama 5 tahun bagi PH untuk mengikuti seleksi CPNS dan P3K.

Katanya, sesuai dengan PP 49 tahun 2018 tersebut, maka masa transisi akan berlangsung hingga tahun 2023.

"Kita punya waktu transisi selama 5 tahun, sesuai aturan. Jadi kita harapkan bagi yang memenuhi syarat silahkan ikut prosedur seleksi," tegasnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini pegawai honorer yang masih belum lulus seleksi cukup banyak. Pada 2013 ada sebanyak 438.590 PH yang tidak lulus seleksi. Ini terbagi dari profesi pegawai administrasi 269.400 PH, penyuluh 5.803, kesehatan 6.091, Dosen 86 PH dan Guru 157.210.

Untuk jumlah PH yang tidak lulus pengangkatan ini akan dilakukan prioritas penanganan terutama untuk Guru, Dosen dan pegawai Kesehatan.

Kemudian untuk langkah penanganan adalah, PH yang memenuhi persyaratan diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS sesuai dengan peraturan perundangan. Kemudian bagi PH yang tidak memenuhi persyaratan maka bisa mengikuti seleksi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Dalam masa transisi ini, gaji PH akan diberikan sesuai dengan UMR daerahnya masing-masing. Namun, jika dalam masa transisi hingga 2023 ini juga tidak menjadi PNS maka akan dievaluasi kembali kontraknya dengan instansi terkait.

"Masa transisi 5 tahun untuk merapikan, karena kalau nggak sekarang dirapikan masalah ini akan terus muncul. Sekarang lagi kalkulasi dengan Kemenkeu kalau kurang tenaga guru maka kita penuhi dan ini akan pertimbangkan anggaran dari instansi juga," tandasnya.


Sumber: cnbcindonesia.com

Posting Komentar untuk "Profesi Honorer Inilah yang Jadi Prioritas untuk Seleksi CPNS dan P3K Hingga 2023"