Bapak dan Ibu Guru Inilah Ciri-ciri Kategori Soal HOTS

Bapak dan Ibu Guru Inilah Ciri-ciri Kategori Soal HOTS

Bapak dan Ibu guru taukah anda, bagaimana ciri-ciri kategori Soal HOTS ? Sekadar diketahui bahwa Soal HOTS Jika ditelaah dari dimensi pengetahuan bahwa soal HOTS pada intinya merupakan pengukuran dimensi meta kognitif, bukan hanya sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja.

Tetapi, dimensi metakognitif tersebut melukiskan kemampuan dalam menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah/problem solving. memilih siasat pemecahan masalah, menemukan/discovery cara baru, berargumen/reasoning, dan bisa mengambil keputusan yang benar dan tepat.

Berpikir logis dimaksud merupakan suatu kemampuan nalar berpikir yang dapat diterima oleh akal sehat karena memenuhi kadiah berpikir ilmiah.

Sementara berpikir kritis merupakan berpikir reflektif, evaluatif. Orang yang kritis selalu menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk menganalisis hal-hal baru, misalnya dengan cara membandingkan atau mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya sehingga mampu mengambil suatu keputusan.

Sementara itu, berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan gagasan yang baru atau berbeda. Dengan gagasan yang baru atau berbeda, seseorang akan lebih mampu melakukan berbagai inovasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang dihadapinya.

Kategoridari Soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat direkomendasikan untuk digunakan pada berbagai bentuk penilaian kelas dan Ujian Sekolah.

Bapak dan Ibu guru inilah ciri-ciri Soal yang termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS):

  • Transfer satu konsep ke konsep lainnya;
  • Memproses dan menerapkan informasi;
  • Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda;
  • Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah;
  • Menelaah ide dan informasi secara kritis;

Demikian informasi ini, semoga bisa bermanfaat buat Bapak dan Ibu Guru dalam penyusunan soal berkategori HOTS.


Sumber: gtk.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Bapak dan Ibu Guru Inilah Ciri-ciri Kategori Soal HOTS"