Satu Perjalanan dari Kisah Pak Panji, Seorang Guru Honorer dengan Sepatu Bolongnya


Satu Perjalanan dari Kisah Pak Panji, Seorang Guru Honorer dengan Sepatu Bolongnya
Sebut saja Pak Panji, Ia adalah seorang guru honorer di SD Negeri Babakan Sukabumi. Videonya  viral di media sosial yang mendapatkan hadiah sepeda motor dari relawan sosial. Nama lengkapnya Panji Setiaji adalah guru honorer asal Sukabumi yang tanpa letih dengan pekerjaan mulianya menjadi seorang guru. Meski statusnya masih tenaga honorer.

Inilah satu kisah Pak Panji yang di wancarai langsung oleh Dedy Corbuzier:

Pak Panji Terus Memakai Sepatu Bolong dan Motornya Sering Mogok

Selama 6 bulan Pak Panji, mengabdi sebagai guru honorer yang mengajar matematika di SD Negeri Babakan Sukabumi. Jarak untuk sampai di sekolah, Pak Panji harus menempuh perjalanan sejauh tujuh kilometer dengan menggunakan sepeda motor yang sering mogok.

Penyebab sepatu bolong dirinya sering men starter motornya yang kerap mogok. Ia terpaksa tetap menggunakan sepatu bolongnya karena gajinya tidak cukup untuk membeli sepatu baru.

Pak Panji Punya gaji Rp.300 Ribu Perbulan
Sebagai guru honorer, Pak Panji mengungkapkan jika dirinya hanya digaji sekitar Rp.300 ribu atau Rp.400 ribu setiap bulannya.

"Jangankan untuk membeli sepatu, uang gaji itu saya cukup cukupin untuk beli bensin, benerin motor, dan makan saja. Jadi saya belum mampu untuk beli sepatu baru. Sekiranya masih bisa dipakai ya saya pakai saja," keluhnya.

Pak Panji juga mengatakan jika dirinya sudah mengabdi menjadi seorang guru selama 6 tahun. Tetapi sebelumnya Dia hanya menjadi guru pengabdi yang dibayar seikhlasnya saja. Baru sekitar Enam bulan terakhir ia diangkat sebagai tenaga honorer dengan gaji Rp. 300 ribu sebulan.

Tujuan Mulia Pak Panji Menjadi Guru

Pak Panji mengatakan bahwa menjadi guru itu adalah sebuah pekerjaan yang mulia, tujuan saya pengabdian untuk mencetak anak-anak didik dipersiapkan untuk masa depan.

"Menjadi guru itu adalah sebuah pekerjaan yang mulia, tujuan saya pengabdian untuk mencetak anak-anak didik dipersiapkan untuk masa depan. Yakin kepada Allah, Allah yang akan memeprmudah jalan kita," ungkapnya.

Cita-cita Pak Panji Ingin Menjadi PNS
Pak Panji juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

"Cita-Citanya suatu saat nanti saya ingin jadi PNS," ujar Panji.

Pak Panji Mendapat Bantuan Sepatu dan Sepeda Motor

Video yang viral di media sosial memperlihatkan Panji mendapat hadiah sepatu, tas, dan motor baru dari relawan sosial di Sukabumi.

Sebagaimana mengutip dari merdeka.com, Kristiawan, salahsatu anggota relawan tersebut menceritakan bagaimana Panji bisa mendapatkan bantuan.

"Saya kenal Panji sudah lama karena sama-sama relawan sosial tetapi dengan komunitas yang berbeda. Di komunitas saya kebetulan memang ada program reward untuk guru honorer. Kemudian kita tinjau kehidupan Panji seperti apa," ucap Kristian.

Lebih lanjut, Kristian juga mengatakan, jika di Sukabumi sendiri masih banyak guru honorer yang memiliki nasib serupa.

"Kalau guru honorer itu masih banyak yang seperti itu apalagi di daerah-daerah terpencil bahkan ada yang lebih kecil," Tandasnya.

==========================
Sumber:
merdeka.com

Posting Komentar untuk "Satu Perjalanan dari Kisah Pak Panji, Seorang Guru Honorer dengan Sepatu Bolongnya"