Target Pemerintah Sampai Tahun 2021, Seluruh Honorer Sudah Beralih Ke PNS dan PPPK

Target pemerintah untuk mengalihkan tenaga honorer ke PNS dan PPPK ini akan tuntas hingga tahun 2021. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh MenPAN RB, Tjahjo Kumolo,

Target pemerintah untuk mengalihkan tenaga honorer ke PNS dan PPPK ini akan tuntas hingga tahun 2021. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh MenPAN RB, Tjahjo Kumolo,

Bagi seluruh honorer yang belum masuk PNS ataupun PPPK diberikan toleransi sampai yaitu tahun 2021.

"Kita berikan toleransi sampai 2021 bagi honorer yang belum masuk PNS," kata Menteri Tjahjo sebagaimana dilansir dari detikcom, Jakarta, Sabtu (25/1/2020) kemarin.

Penghapusan status tenaga honorer merupakan hasil dari kesepakatan Komisi II DPR RI dengan KementerianPAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk menjalankan sesuai  dengan pedomaan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN). Sebagai mana yang diatur Pasal 6, tidak ada lagi status pegawai yang bekerja di instansi pemerintah selain PNS dan PPPK. Dengan demikian ke depannya secara bertahap tidak ada lagi jenis pegawai seperti pegawai tetap, pegawai tidak tetap, tenaga honorer, dan lainnya.

Lebih lanjut menteri Tjahjo mengatakan, penghapusan tenaga honorer akan dilakukan dengan mengubah statusnya menjadi PNS atau PPPK. Hanya saja hal tersebut harus ditempuh sendiri oleh para pegawai melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun PPPK yang akan dibuka oleh pemerintah.

Sementera Pemerintah belum bisa memastikan dalam waktu dekat akan ada pembukaan lowongan baru untuk CPNS maupun PPPK. Saat ini, pemerintah masih melaksanakan proses seleksi CPNS 2019, dan baru menyelesaikan seleksi PPPK 2019.

Mantan Mendagri mengaku bahwa pembahasan penyelesaian masalah tenaga honorer sudah dikoordinasi oleh pejabat eselon I lintas kementerian seperti KementerianPAN-RB, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta BKN. Koordinasi tersebut lebih mencarikan solusi bagi tenaga honorer yang usianya tidak terakomodasi dalam syarat seleksi CPNS dan PPPK.

"Sekarang sedang ditelaah, dicarikan jalan keluarnya. Tapi saya belum bisa ngomong. Koordinasi sudah dilakukan di tingkat eselon I," pungkasnya.

Sumber: detik.com

Posting Komentar untuk "Target Pemerintah Sampai Tahun 2021, Seluruh Honorer Sudah Beralih Ke PNS dan PPPK"