Tahun Ini Kemenag Luncurkan Prioritas Program, Madrasah Berbasis Digital

Tahun Ini Kemenag Luncurkan Madrasah Berbasis Digital

Kabar terbaru bahwa Kemenag tahun ini akan meluncurkan program unggulan yaitu madrasah berbasis digital, Kementerian Agama saat ini tengah mempersiapkan skemanya, untuk kerjasama dengan UEA (Pemerintah Uni Emirat Arab) terkait sejumlah madrasah yang akan menjadi pilot project Madrasah Digital.

Pasalnya Skema tersebut secara praktis akan diimplementasikan oleh Komite Pengarah Bersama/Joint Steering Committee yang saat ini tengah dibentuk oleh kedua negara.

"Madrasah digital menjadi salahsatu prioritas program kami di periode ini," ujar Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, sebagaimana dilansir dari situs Republika.co.id, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut kata Kamaruddin, digitalisasi madrasah merupakan salah satu unggulan yang diperjuangkan Kemenag.  Supaya madrasah dapat melakukan akselerasi dalam materi pendidikan dan juga teknologi. Perkembangannya terkini, pemerintah UEA sedang menyusun dan membahas draf Memorandum of Understanding (MoU). Kemudian akan segera disusul dengan Implementing Arrangement (IA).

Kamaruddin juga menjelaskan, pembicaraan awal telah dilakukan antara Menag Fachrul Razi dan Direktur Organisasi, dan Kerja Sama Pendidikan Internasional Kementerian Pendidikan UEA Ammar Al Mualla, serta Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Faraj di Abu Dhabi bulan lalu.

Kemudian disampaikan Kamaruddin, pihaknya telah lama berupaya membangun madrasah menjadi sekolah bermutu tinggi dan akan terus berjalan ke arah itu. Dahulu madrasah dikenal sebagai sekolah papan bawah.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kata Kamaruddin,  Kementerian Agama  berhasil meningkatkan level madrasah-madrasah negeri menjadi sekolah favorit di daerah masing-masing.

"Sebetulnya pemerintah UEA tertarik dengan ide Kemenag mengembangkan sekolah Islam berbasis teknologi informasi," katanya.

 Kementerian Agama menyampaikan, pada tahap awal sebanyak 50 ribu unit komputer tablet akan diberikan pemerintah UEA sebagai alat utama transformasi keilmuan berbasis digital.

Kemudian masalah software dan konten pelajaran dalam bentuk digital akan digelontorkan Kemenag sebagai pengisi materi. Di sisi lain sejumlah guru juga akan dilatih untuk dapat berperan sebagai transformator yang kompeten.

Semua yang dikembangkan ini merupakan adopsi dari model yang telah sukses diterapkan di UEA. Negara Timur Tengah, itu sudah menerapkan digital education yang terbukti efektif dan efisien dalam pembelajaran. Cara ini dapat mengefisienkan biaya operasional dan mempercepat proses internalisasi.

Untuk Peningkatan mutu madrasah menjadi prioritas Kementerian Agama sejak lama. Sarana dan prasarana madrasah negeri saat ini dapat dibilang melebihi kompetitornya. Madrasah juga telah terlibat aktif dan memenangi berbagai event olimpiade, robotik, dan juga mencapai hasil memuaskan dalam ujian nasional.

Lanjunya, tahun lalu sebanyak 155 buku kurikulum telah dievaluasi untuk memperbaiki mutu. "Menteri Agama telah memberikan arahan, siswa madrasah tidak hanya mengemban citra sebagai penjaga keilmuan agama, tetapi harus unggul pula dalam sains, teknologi, engineering dan matematika (STEM)" tutupnya.


Sumber: republika.co.id


Posting Komentar untuk "Tahun Ini Kemenag Luncurkan Prioritas Program, Madrasah Berbasis Digital"