Apa yang disupervisi?
Supervisi Mutu ini merupakan suatu proses untuk mengawal dalam upaya peningkatan mutu pada satuan pendidikan oleh LPMP bersama dengan Pengawas Sekolah
PEMAHAMAN STANDAR
Untuk memastikan sekolah memahami SNP sebagai acuan dalam penyelenggaraan layanan Pendidikan yang bermutu
PELAKSANAAN SPMI
Untuk memastikan dan membantu sekolah dalam melaksanakan SPMI sebagai solusi mengawal peningkatan mutu yang berkelanjutan
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Untuk membantu sekolah dalam menemukan dan melaksanakan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan di lingkungannya
URUN GAGASAN
Terkait dengan Substansi Supervisi
- Apa saja yang disupervisi oleh pengawas di sekolah? Apa acuan yang menjadi dasar?
- Permasalahan apa yang sering dihadapi pada saat melakukan supervisi substansi tersebut?
Aspek yang disupervisi
- Pemahaman satuan pendidikan tentang standar
- Aktfitas Sosialisasi standar n di sekolah
- Permasalahan sekolah dalam memahami standar
- Tindaklanjut sekolah agar warga sekolah memahami standar
- Pemahaman warga sekolah mengenai SPMI
- Keberadaan TPMPS
- Pemahaman TPMPS tentang peran dan fungsinya
- Pelaksanaan siklus SPMI
- pemetaan mutu
- Penyusuan perencanaan berdasarkan rapor mutu
- Pelaksanaan pemenuhan mutu
- Monitoring pelaksanaan program dan evaluasi capaian dll
Keterlaksanaan PMP pada manajemen sekolah
- Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)
- Peran guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar
- Pembiasaan nilai-nilai utama Karakter
- Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)
- Ekstrakurikuler yang beragam untuk menumbuhkan nilai-nilai Karakter.
- Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang aman dan menyenangkan
- keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan
- Kepala Sekolah mengembangkan peran sebagai manajer, inovator, motivator, dan kolaborator
- Pojok baca kelas dan area baca
- Sekolah memiliki tim menggerakkan peningkatan mutu dll
Keterlaksanaan PMP pada proses pembelajaran
- Siswa melakukan berbagai aktivitas literasi multimoda
- Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca
- Guru menggunakan berbagai sumber belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru mendorong siswa untuk melakukan prediksi tentang topik pembelajaran
- Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
- Guru menggunakan berbagai pengatur grafis dalam pembelajaran
- Guru menggunakan beragam metode pembelajaran
- Guru menggunakan beragam media pembelajaran dll
Dampak PMP bagi Peningkatan Kompetensi Lulusan/Siswa
- Siswa gemar membaca dan mengakses berbagai sumber bacaan
- Siswa mampu membaca cepat dan membuat intisari dari bacaan
- Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
- Siswa mampu membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
- Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
- Siswa menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
- Siswa berprestasi dalam berbagai keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
- Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif
- dll
Indikator K13
Komponen Lulusan
1. Kompetensi Pengetahuan
2. Kompetensi Keterampilan
Proses Pembelajaran
1. Permasalahan sikap
2. Kekerasan
3. Keterampilan
4. Sumber Informasi
5. Teknologi
6. Aktivitas siswa saat Pembelajaran
7. Metode
8. Media
9. Sumber
10. Aktivitas guru menutup pembelajaran
11. Teknik Penilaian keterampilan
12. Tindak Lanjut Hasil Penilaian
14. Prestasi
15. Karakteristik Kompetensi Sikap
16. Lingkup Pengembangan
17. Aktivitas Guru membuka Pembelajaran
18. Kegiatan Guru pada saat Pembelajaran
19. Aspek dan perangkat penilaian otentik
20. Pemanfaatn hasil penilaian otentik
21. Teknik Penilaian sikap
22. Teknik Penilaian pengetahuan
Manajemen Sekolah
- Muatan Lokal
- Perangkat Kurikulum
- Unsur Pemangku Kepentingan
- Komponen KTSP
- Ekstrakurikuler
- Komponen Silabus
- Bentuk RPP
- Waktu Pemeriksaan
- Komponen RPP
- Tahapan RPP
- Pola Penyusunan RPP
- Pihak yang mengawasi
- Bentuk dokumen pengawasan
- Periode pengawasan
- Tindak lanjut hasil pengawasan
- Langkah Penilaian proses dan hasil belajar
- Cakupan teknik penilaian
- Pertimbangan penentuan KKM
- Waktu penyampaian laporan hasil evaluasi
- Waktu penyampaian laporan hasil ujian
- Waktu penyampaian rekapitulasi laporan hasil ujian
- Pihak yang terlibat perencanaan
- Pihak yang disosialisasikan
- Periode evaluasi dokumen perencanaan
- Dasar perumusan dan penetapan arah dan kebijakan sekolah
- Cakupan dalam rencana kerja tahunan sekolah
- Pedoman di sekolah
- Waktu evaluasi pedoman sekolah
KELOMPOK INDIKATOR
KOMPETENSI LULUSAN
Indikator:
- Siswa gemar membaca dan mengakses berbagai sumber bacaan
- Siswa mampu membaca cepat dan membuat intisari dari bacaan
- Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
- Siswa membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
- Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
- Siswa menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
- Siswa berprestasi dalam berbagai keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
- Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif
PROSES PEMBELAJARAN
Indikator:
- Siswa melakukan berbagai aktivitas literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Siswa melakukan kegiatan pengubahan moda dan meghasilkan teks multimoda
- Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca (mengajak dan ikut membaca, sekurang-kurangnya saat kegiatan 15 menit membaca sebelum kegiatan pembelajaran)
- Guru menggunakan berbagai sumber belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya untuk memahami topik pembelajaran
- Guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
- Guru mendorong siswa untuk melakukan prediksi tentang topik pembelajaran
- Guru melakukan berbagai aktivitas literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
- Guru menggunakan berbagai pengatur grafis dalam pembelajaran
- Guru menggunakan beragam metode pembelajaran
- Guru menggunakan beragam media pembelajaran
- Guru melaksanakan berbagai aktivitas menutup pembelajaran
- Guru bersama siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses berpikir, proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
- Penggunaan berbagai variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru
MANAJEMEN SEKOLAH
Indikator:
- Sekolah memiliki pojok baca kelas dan area baca
- Sekolah memiliki tim yang menggerakkan literasi (merupakan bagian dari TPMPS)
- Sekolah memberi penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan berliterasi.
- Sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler
1. Petakan & validasi Kondisi Sekolah
- Supervisor menverifikasi rapor mutu dan menganalisis permasalahan yang terjadi di sekolah
- Supervisor memberikan rekomendasi solusi dan mendorong komitmen upaya perbaikan dalam perencanaan sekolah
- Supervisor mendampingi sekolah dalam melakukan berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan
- Supervisor mengevaluasi hasil pelaksanaan solusi peningkatan mutu untuk memastikan dampak upaya tersebut terhadap peningkatan layanan pendidikan
Untuk membaca lebih detil silahkan unduh link dibawah ini:
MATERI MEKANISME SUPERVISI MUTU (UNDUH DISINI)
Posting Komentar untuk "MEKANISME SUPERVISI MUTU"
Ketik Komentar anda disini