Membongkar Kunci Jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3



Terima kasih telah bergabung dengan kami dalam perjalanan mendalam ke dalam Modul 4.3 dari program Pintar Kemenag. Bagian ketiga menggali lebih dalam lagi tentang paradigma pendidikan Islam yang menggeser ke arah inklusif. Mari kita bongkar bersama-sama Kunci Jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3 ini

Dalam perjalanan ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana konsep inklusivitas dalam pendidikan Islam mengubah cara kita memandang dan mengelola pembelajaran. Dari menyesuaikan kurikulum hingga menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua siswa, tantangan ini memerlukan pemahaman yang mendalam dan komitmen yang kuat.

Bagian ketiga dari modul ini tidak hanya memeriksa teori dan konsep, tetapi juga memberikan pandangan praktis tentang bagaimana menerapkan prinsip-prinsip inklusif dalam lingkungan pendidikan Islam kita. Dari pengalaman langsung hingga studi kasus yang menginspirasi, kita akan melihat bagaimana pendidikan inklusif bukan hanya impian, tetapi juga sebuah realitas yang dapat kita capai.

Jadi, mari kita bersiap-siap untuk membongkar kunci jawaban dari Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3

1 dari 5 soal

Berikut yang bukan merupakan orientasi hakikat Pendidikan Islam adalah,

A. rumusan tujuan tersebut haruslah sejalan dan memperhatikan sifat-sifat dasar (fitrah) manusia tentang nilai, bakat, minat dan sebagainya yang akan membentuk karakter

B. tentang tujuan dan tugas hidup manusia, yang ditekankan bahwa manusia hidup bukan kebetulan dan sia-sia, manusia bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengabdi kepada Allah sebaik-baiknya

C. Hakikat pendidikan Islam adalah menyiapkan anak-anak peserta didik yang memiliki pengetahuan ke-Islam-an yang mumpuni, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi agen perubahan menuju Masyarakat yang madani

D. tujuan pendidikan Islam sesuai dengan tuntutan masyarakat dengan tidak menghilangkan nilai-nilai lokal yang bersumber dari budaya dan nilai-nilai ilahiyah yang bersumber dari wahyu Tuhan demi menjaga keselamatan dan peradaban umat manusia

Kunci jawaban A : rumusan tujuan tersebut haruslah sejalan dan memperhatikan sifat-sifat dasar (fitrah) manusia tentang nilai, bakat, minat dan sebagainya yang akan membentuk karakter

2 dari 5 soal

Perhatikan pernyataan berikut !

lingkungan keluarga

lingkungan sekolah 

lingkungan masyarakat

lingkungan sosial

pada pernyataan di atas yang merupakan Tri Pusat Pendidikan adalah,

A. c – a – b

B. semua jawaban salah

C. a – b – c

D. b – c – a

Kunci jawaban C : a – b – c

3 dari 5 soal

Dalil yang menjelaskan tentang keberagaman atas ciptaan Allah terkait perbedaan gender, disabilitas, dan inklusi sosial adalah,

A. يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ

B. كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

C. وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ

D. وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Kuci Jawaban: A :  يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ

4 dari 5 soal

Pendidikan Islam adalah,

A. bimbingan secara sadar oleh pendidikan terhadap terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlaqul karimah

B. pendidikan yang berorientasi kemampuan pemahaman peserta didik secara ideal dan terukur

C. doktrin keagamaan yang kuat pada semua peserta didik yang belajar di Madrasah dan pondok pesantren

D. bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadiannya yang utama (insan kamil)

Kunci Jawaban D : bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadiannya yang utama (insan kamil)

5 dari 5 soal

Berikut yang bukan merupakan makna teoritik dari paradigma adalah ….

A. cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif)

B. daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani anak-anak, selaras dengan alam dan masyarakatnya

C. seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, dalam disiplin intelektual

D. keyakinan atau kepercayaan yang mendasari seseorang dalam melakukan segala tindakan

Kunci Jawab B : daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani anak-anak, selaras dengan alam dan masyarakatnya

Demikian Info Kunci Jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3Semoga itu membantu!

Posting Komentar untuk "Membongkar Kunci Jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3"